Laman

Cari Blog Ini

Memuat...

Minggu, 06 Januari 2013

Tradisi Cemme Passili


Cemme passili merupakan tradisi mandi suci dengan saling cebur ke sungai yang dilakukan oleh warga Desa Ulo-ulo Kecamatan Tellu Siattingnge, Kabupaten Bone. Ritual ini dilakukan setiap tahun secara turun temurun.
Sejatinya ritual tahunan ini dilakukan untuk meminta hujan. Dalam sejarahnya, tradisi ini bermula dari bencana dan kekeringan yang melanda nenek moyang mereka, hingga pemimpin setempat meminta seluruh rakyatnya untuk berdoa meminta  hujan, sambil bermain air di dasar sungai yang hamper kering.

Ritual dimulai dengan pemanjatan doa oleh sesepuh adat hingga menceburkan tokoh adat dan kepada desa ke sungai, yang diikuti oleh warga. Dalam ritual ini seluruh warga desa harus diceburkan ke dalam sungai, baik laki-laki maupun perempuan, dari berbagai usia. Ritual ini sangat meriah sehingga warga dari desa lain banyak yang dating untuk menonton.

Disamping menyambut adat tradisi Cemme Passili ini, sebelumnya warga melakukan pemotongan kuda. Dari hasil pembagian daging kuda itu kemudian dimasak dan disajikan bagi para tamu yang mengunjunginya baik kerabat, sahabat maupun tamu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar