Halaman

Cari Blog Ini

Selasa, 20 November 2012

Istilah-istilah dalam Bahasa Sunda (1): Nama-nama kembang

Kembang awi: Eumbreuk
Kembang kadu: Olohok
Kembang bako: Bosongot
Kembang kalapa: Suligar
Kembang bawang: Ulated

Kembang kaso: Curiwis
Kembang bolang: Ancal
Kembang kawung: Pengis
Kembang boled: Tela
Kembang koneng: Badul
Kembang cabe: Bolotot
Kembang kulur: Pelepes
Kembang cau: Jantung
Kembang laja: Jamotrot
Kembang cengek: Pencenges
Kembang leunca: Pengit
Kembang cikur: Jelengut
Kembang limus: Seleksek
Kembang eurih: Ancul
Kembang lopang: Cacas
Kembang gedang: Ingwang
Kembang muncang: Rinduy
Kembang genjer: Gelenye
Kembang pare: Ringsang
Kembang hoe: Bubuay
Kembang peuteuy: pendul
Kembang honje: Comrang
Kembang salak: Sedek/Gojod
Kembang jaat: Jalinger
Kembang sampeu: Dingdet
Kembang jambe: Mayang
Kembang taleus: Ancal
Kembang jambu aer: Lenyap
Kembang tangkil: Uceng
Kembang jambu batu: Karuk
Kembang terong: Moncorong
Kembang jarak: Uing
Kembang tiwu: Badaus
Kembang jotang: Puntung
Kembang waluh: Alewoh
Kembang jengkol: Merekenyenyen
Kembang jeruk: Angkruk/Angkes

3 komentar:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m



    BalasHapus
  2. Haduh sangat unik bahasa sunda selain buah nama kembangnya pun ada sangat beragam saking banyaknya sampai engga hapal.

    BalasHapus
  3. Terimakasih sudah membantu saya..

    BalasHapus